Makalah tentang ventilasi


Ventilasi industri merupakan salah satu terapan teknologi higiene perusahaan yang bertujuan menciptakan lingkungan kerja yang memenuhi persyaratan kesehatan dan keselamatan kerja. Perlindungan tenaga kerja, dan perbaikan lingkungan kerja yang terdiri dari faktor : fisika, kimia, biologie dan ergonomi dari suatu subtansi ditempat kerja, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejateraan tenaga kerja dan kemakmuran bangsa Indonesia sebagai mana diamanatkan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea empat, dan kaidah yang digariskan dalam Undang-Undang Nomor. 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja .
Dengan semakin tinggi teknologi yang digunakan, akan memberikan dampak, kemungkinan terjadinya ancaman lingkungan kerja (resiko bahaya seperti ; uap logam, debu, gas-gas kimia berbahaya, pertikel logam berat dan lain sebagainya), dan bilamana konsentrasinya melebihi Nilai Ambang Batas (NAB), akan mengakibatkan sakit, gangguan kesehatan, ketidak nyamanan dalam bekerja dan mengurangi aktivitas kerja, salah satu alternatifnya adalah metode pengendalikan kondisi lingkungan kerja yaitu dengan menggunakan teknologi ventilasi yang digunakan diindustri .

Ventilasi industri salah satu alternatif untuk mengendalikan kondisi lingkungan kerja atau alat kontrol engineering (kerekayasaan) dengan menyuplay aliran udara bersih, ke area ruang tempat kerja guna menghilangkan kontaminan, atau proses pertukaran udara dengan cara pengeluaran udara terkontaminasi dari ruang tempat kerja, melalui saluran buang, dan pemasukan udara segar melalui saluran masuk. 

selebihnya bisa langsung download makalah Ventilasi :

http://casualient.com/1Fkg



Komentar